cetak id card cover

Cetak ID card

Facebook
Twitter
LinkedIn

ID card atau tanda pengenal diri, merupakan sesuatu yang penting saat kita berkunjung ke tempat lain sebagai identitas diri kita yang resmi dari perusahaan tempat kita bekerja.

Mencari Jasa Cetak ID Card? Pastikan Ia Memiliki Hal Ini


ID card merupakan tanda pengenal yang biasa dipakai oleh seorang pegawai perusahaan. Namun, Anda juga bisa menggunakannya apabila terlibat sebagai panitia dalam sebuah acara. Selain sebagai tanda pengenal, ID card juga memiliki beberapa fungsi sebagai berikut:


• Menjaga Keamanan
Mengenakan ID card akan membuat orang mengenali mana yang karyawan serta mana yang bukan di dalam sebuah perusahaan. Dengan begitu keamanan dan tata tertib perusahaan juga akan lebih terjaga.
• Akses Masuk
Selain menjadi pembeda antara karyawan serta non karyawan, ID card juga sering dijadikan sebagai alat akses masuk karyawan oleh perusahaan. Selain untuk akses masuk ke perusahaan, ID card juga dapat dijadikan sebagai alat akses masuk ke setiap ruangan yang ada di perusahaan.
• Alat Promosi
Ketika Anda berkunjung ke perusahaan lain, ID card juga bisa menjadi alat promosi Anda tentang perusahaan tempat Anda bekerja.
Jenis ID Card
Jika Anda ingin mencetak ID card, Anda perlu tahu terlebih dahulu jenis-jenis dari ID card. Berikut beberapa di antaranya.
• ID Card Press
Merupakan ID card yang memiliki hasil paling cerah. ID card Press dicetak dengan memakai mesin digital printing kemudian di press menggunakan mesin press ID card oven.
ID card ini memiliki tebal 0,76 mm dan sering dipakai untuk kartu member, kartu pegawai, kartu pelajar dan berbagai macam kartu lainnya.
• ID Card Press Tipis
ID card ini mirip dengan yang telah disebutkan sebelumnya, hanya saja ketebalannya lebih tipis yaitu hanya sekitar 0,4 mm.
ID card Press sering dipakai sebagai name card, kartu parkir dan kartu visitor.
• ID Card Tebal
ID card yang satu ini memiliki ketebalan sekitar 0,96 mm dan bisa dipakai sebagai kartu pegawai dan kartu pelajar.
• ID Card Transparan
Sesuai namanya, ID card ini memiliki wujud yang tembus pandang. Meskipun begitu, tulisan yang tercetak di atasnya masih akan tetap terbaca.
• ID Card Metalik
ID card metalik memiliki glitter di permukaanya yang bisa memberikan efek berkerlap-kerlip. Umumnya, ID card jenis ini tersedia dalam dua warna yaitu silver dan gold. ID card ini sering dipakai sebagai kartu member.
• ID Card Magnetik
ID card magnetik adalah ID card yang di bagian belakangnya memiliki pita magnetik. Pita magnetik ini berfungsi untuk menyimpan berbagai macam data pemiliknya terutama yang bersifat rahasia.
ID card ini dapat dipakai sebagai kartu absen atau kartu member.
• ID Card Printed Offset
Sebenarnya ID card yang satu ini tidak jauh berbeda dengan ID card yang lain dari segi tampilan.
Namun perbedaanya adalah jenis ini dapat dicetak dalam jumlah yang banyak hingga mencapai ribuan. Umumnya kartu ini dipakai sebagai kartu member yang digunakan untuk belanja.
• ID Card RFID
Seperti namanya, ID card ini telah disisipi tag RFID. Tag RFID berguna untuk menyimpan data, mirip dengan pita magnetik.
Hal yang membedakannya adalah ID card magnetik membutuhkan mesin penggesek untuk membacanya. Sementara ID card RFID memakai gelombang radio, sehingga tidak perlu dimasukkan ke dalam mesin dan hanya perlu diletakkan di depan mesinnya.
ID card ini umumnya dipakai sebagai kartu pembayaran tol, kartu palang parkir, kunci rumah, kartu akses peron kereta api.


Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Membuat ID Card
Setelah Anda mengetahui fungsi dan jenis dari ID card, saatnya Anda mengetahui hal apa saja yang perlu Anda perhatikan ketika hendak membuat ID card.
• Cantumkan Identitas Dari Perusahaan
Jika tujuan Anda membuat ID card adalah kartu identitas untuk karyawan perusahaan, maka jangan lupa untuk mencantumkan identitas perusahaan tempat Anda bekerja.
Identitas yang bisa Anda cantumkan misalnya adalah nama serta logo dari perusahaan. Supaya lebih aman, Anda juga bisa menambahkan chip supaya ID card Anda tidak mudah dipalsukan.
• Bahan yang tahan lama
Supaya bisa dipakai untuk waktu yang lama, sebaiknya pilih bahan yang kuat ketika membuat ID card. Disarankan untuk memakai bahan PVC yang umumnya dapat bertahan hingga kurun waktu 5 tahun.
• Mudah Dipakai
Disarankan untuk membuat kartu yang mudah digunakan. Mudah digunakan disini maksudnya adalah bentuk yang umum digunakan yaitu vertikal dan horizontal.


Bagaimana Cara Memilih Tempat Cetak ID Card Terbaik?

Jika Anda berencana untuk mencetak ID card, Anda bisa melakukannya di percetakan ID card. Anda bisa mencarinya di internet maupun mencari tempat cetak ID card terdekat dengan tempat tinggal atau perusahaan tempat Anda bekerja.
Hanya saja sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal berikut sebelum memutuskan untuk mencetak ID card di tempat cetak ID card terdekat.


• Informasi Lengkap
Hal pertama yang perlu Anda perhatikan ketika memilih tempat untuk cetak ID card adalah informasi yang disajikannya, terutama ketika Anda mencarinya dari internet.
Informasi yang perlu Anda perhatikan adalah alamat, kontak yang bisa dihubungi serta layanan jasa yang ditawarkan. Hal ini penting supaya Anda tahu apakah tempat tersebut menawarkan jasa yang Anda butuhkan.


• Media Sosial dan Website
Anda juga bisa coba untuk memastikan terpercaya atau tidaknya tempat tersebut dari kegiatan di media sosial maupun website dari penyedia jasa cetak id tersebut. Anda perlu berhati-hati apabila website dan media sosialnya lama tidak aktif.


• Layanan yang Ditawarkan
Setiap tempat cetak ID card tentunya menawarkan kelebihannya sendiri-sendiri. Anda perlu memperhatikannya dan memilih yang sesuai berdasarkan dengan kebutuhan serta kemampuan Anda.


Harga Cetak ID Card
Setelah mengetahui tentang jenis dan hal yang perlu diperhatikan ketika memilih tempat cetak ID card, kini saatnya Anda mengetahui berapa harga cetak ID card.
Sebagai informasi, biaya cetak ID card akan berbeda tergantung dari jenis ID serta bahan yang dipakai.


• Harga Cetak ID Card dengan Bahan PVC
PVC merupakan bahan yang dianjurkan untuk dipakai saat melakukan cetak ID card, harga yang perlu Anda bayarkan ada beragam yaitu mulai dari Rp 2.200 untuk pemesanan minimal 10 ID card.
Kelebihan dari pemakaian PVC adalah tidak luntur serta hasil cetak yang lebih cerah.


• Harga Cetak ID Card RFID
Untuk mencetak ID card RFID, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 16.000 untuk pemesanan sebanyak 1 sampai 50 lembar. Sementara itu, untuk pemesanan dalam jumlah 51 sampai 500, Anda perlu merogoh dompet sebesar Rp 15.500


• Harga Cetak ID Card Transparan
Jika Anda berminat untuk mencetak ID card transparan, maka Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 5000 untuk pemesanan tipe biasa dan Rp 13.000 dengan jumlah 1 sampai 50 ID card.
Itulah sekilas informasi tentang ID card dan harga cetak ID card. Anda bisa memeriksanya baik melalui internet maupun di tempat cetak ID card terdekat dari rumah Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!
× POB siap membantu anda